New Status
Assalamualaikum Selamat Datang di Blog ^RISHA OCTARINA^. Follow My Blog ^rishaocta.blogspot.com^. Follow My Twitter ^@ichaichaiii^. Follow My YM ^risha_octarina@yahoo.co.id^ Terimakasih Wassalamualaikum

Selasa, 29 Desember 2015

Etika Bisnis

SISI ISTIMEWA PT BANK RAKYAT 
INDONESIA (PERSERO) TBK


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah Etika dalam berbisnis. Etika Bisnis sudah tidak asing lagi tentunya ditelinga kita jika mendengar 2 kata tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari memang Etika sendiri sangatlah penting untuk dapat diterapkan. Etika dapat dilihat dari sikap sesorang dalam kebiasaan bertingkah laku, apakah baik atau buruknya memang banyak sekali macam-macamnya karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Pada dasarnya Etika merupakan suatu kebiasaan baik buruknya seseorang atau biasa disebut nilai norma baik buruknya perilaku seseorang dikehidupan bermasyarakat. Sejak kecil tentunya kita sudah diajarkan bagaimana cara bersosialisasi dengan masyarakat dengan etika yang baik.

Selanjutnya adalah Bisnis. Bisnis banyak sekali macamnya seperti berdagang, investasi, dan lain-lain. Apakah Bisnis itu? Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha seorang individu atau kelompok yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh seseorang ysng kegiatannya memiliki tujuan untuk mendapatkan laba yang maksimal. Banyak sekali disekitar yang mencoba untuk berbisnis. Entah dari hal yang kecil sampai yang besar. Dari yang memiliki sepetak tanah untuk dijadikan ruko, sampai sebesar restoran.
Jadi dari pengertian Etika dan Bisnis sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Etika Bisnis adalah tata cara yang dijadikan sebagai acuan dalam melakukan proses usaha pada perusahaan atau organisasi untuk mencari keuntungan atau laba dalam melakukan proses transaksi antara produsen dengan konsumen.
Tentu saja dalam dunia berbisnis sangat diperlukan adanya suatu Etika Berbisnis atau biasanya perusahaan menyebutkan dalam kata Kode Etik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis itu sendiri. Dengan adanya Kode Etik, perusahaan dapat menentukan arah dalam menjalankan usahanya serta dengan adanya Susunan Direksi dan Struktur Organisasi pada perusahaan akan memudahkan dalam pelaksanaan planning yang akan dijalankan. Visi Misi yang sudah dibentukpun menjadi tujuan perusahaan agar dapat berkembang dengan baik.
Tujuan etika bisnis sendiri menurut Ir. Istanto Oerip (Ketua Komite KeanggotaanPII) dapat disimpulkan bahwa etika bisnis mengharapkan dapat menyadarkan moral para pelaku bisnis dalam menjalankan good business dan tidak melakukan dirty business, korupsi misalnya. Karena etika bisnis memiliki tanggung jawab tersendiri bagi para pelaku bisnis.
Contoh implementasi yang sudah menerapkan Kode Etik pada perusahaan saya ambil dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
PT Bank BRI Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak disector perbankan dan telah go public. Dimana Bank tersebut berhadapan langsung dengan nasabahnya. Dikarenakan daya saing Bank yang sangat kuat, Bank BRI telah menetapkan Kode Etik yang keputusannya telah ditandatangani  Dewan Komisaris dan Direksi Bank No. B 06-KOM/BRI/12/2013 S. 65-DIR/DKP/12/2013 tanggal 16 Desember 2013, agar mampu menjaga kelangsungan usaha dalam jangka panjang baik secara Nasional maupun Internasional untuk mencapai tujuan Perseroan tersebut. Bank BRI mengimplementasikan  prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), dimana prinsi-prinsip tersebut secara konsisten dan berkesinambungan  diharapkan dapat memaksimalkan corporate value dan kepercayaan pasar.
Tujuan dari Kode Etik yang telah diterapak oleh Bank BRI ini dalam jangka panjang untuk Menciptakan lingkungan kerja yang baik dan kondusif, Membina hubungan baik dengan komunitas setempat untuk menunjang dalam pencapaian  kesuksesan Bank dalam jangka panjang, Menjaga reputasi Bank, Memberikan pedoman etika bagi karyawan Bank dalam melaksanakan tugas dan wewenang serta bertanggung jawab, dan Meningkatkan budaya sadar resiko dan budaya kepatuhan  bagi semua insan Bank.
Landasan yang dimiliki oleh Bank BRI dalam mengacu kepada Kode Etik adalah mempertimbangankan Visi, Misi, dan Core Values Bank, karena hal-hal tersebut merupakan intisari dari kode etik ini. Dan Kode Etik tersebut sangat penting perannya dalam kegiatan berbisnis.


Referensi :
ü  Keraf. A Sonny. 1998. Etika Bisnis. Yogyakarta. Kanisius.
ü  Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta. Kanisius.
ü  Umar, Husein. 2003.  Business An Introduction. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
ü  Komite Nasional Kebijakan  Governance (KNKG). 2001. Pedoman Etika Bisnis Perusahaan . Jakarta. PT  Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar