SISI
ISTIMEWA PT BANK RAKYAT
INDONESIA (PERSERO) TBK
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah
Etika dalam berbisnis. Etika Bisnis sudah tidak asing lagi tentunya
ditelinga kita jika mendengar 2 kata tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari
memang Etika sendiri sangatlah penting untuk dapat diterapkan. Etika dapat
dilihat dari sikap sesorang dalam kebiasaan bertingkah laku, apakah baik atau
buruknya memang banyak sekali macam-macamnya karena setiap orang memiliki
kebiasaan yang berbeda-beda. Pada dasarnya Etika merupakan suatu kebiasaan baik
buruknya seseorang atau biasa disebut nilai norma baik buruknya perilaku
seseorang dikehidupan bermasyarakat. Sejak kecil tentunya kita sudah diajarkan bagaimana cara bersosialisasi
dengan masyarakat dengan etika yang baik.
Selanjutnya adalah Bisnis. Bisnis banyak sekali
macamnya seperti berdagang, investasi, dan lain-lain. Apakah Bisnis itu? Bisnis
merupakan suatu kegiatan usaha seorang individu atau kelompok yang menyediakan
barang atau jasa yang dibutuhkan oleh seseorang ysng kegiatannya memiliki
tujuan untuk mendapatkan laba yang maksimal. Banyak sekali disekitar yang
mencoba untuk berbisnis. Entah dari hal yang kecil sampai yang besar. Dari yang
memiliki sepetak tanah untuk dijadikan ruko, sampai sebesar restoran.
Jadi dari pengertian Etika dan Bisnis sebelumnya dapat
disimpulkan bahwa Etika Bisnis adalah tata cara yang dijadikan sebagai
acuan dalam melakukan proses usaha pada perusahaan atau organisasi untuk
mencari keuntungan atau laba dalam melakukan proses transaksi antara produsen
dengan konsumen.
Tentu saja dalam dunia berbisnis sangat diperlukan
adanya suatu Etika Berbisnis atau biasanya perusahaan menyebutkan dalam kata
Kode Etik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis itu sendiri.
Dengan adanya Kode Etik, perusahaan dapat menentukan arah dalam menjalankan
usahanya serta dengan adanya Susunan Direksi dan Struktur Organisasi pada
perusahaan akan memudahkan dalam pelaksanaan planning yang akan dijalankan.
Visi Misi yang sudah dibentukpun menjadi tujuan perusahaan agar dapat
berkembang dengan baik.
Tujuan etika bisnis sendiri menurut Ir. Istanto
Oerip (Ketua Komite KeanggotaanPII) dapat disimpulkan bahwa etika bisnis
mengharapkan dapat menyadarkan moral para pelaku bisnis dalam menjalankan good
business dan tidak melakukan dirty business, korupsi misalnya. Karena etika
bisnis memiliki tanggung jawab tersendiri bagi para pelaku bisnis.
Contoh implementasi yang sudah menerapkan Kode
Etik pada perusahaan saya ambil dari PT
Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk.
PT Bank BRI Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang bergerak disector perbankan dan telah go public. Dimana Bank
tersebut berhadapan langsung dengan nasabahnya. Dikarenakan
daya saing Bank yang sangat kuat, Bank BRI telah menetapkan Kode Etik yang
keputusannya telah ditandatangani Dewan
Komisaris dan Direksi Bank No. B 06-KOM/BRI/12/2013 S. 65-DIR/DKP/12/2013
tanggal 16 Desember 2013, agar mampu menjaga kelangsungan usaha dalam jangka
panjang baik secara Nasional maupun Internasional untuk mencapai tujuan
Perseroan tersebut. Bank BRI mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance
(GCG), dimana prinsi-prinsip tersebut secara konsisten dan
berkesinambungan diharapkan dapat
memaksimalkan corporate value dan kepercayaan pasar.
Tujuan dari Kode
Etik yang telah diterapak oleh Bank BRI ini dalam jangka panjang untuk Menciptakan
lingkungan kerja yang baik dan kondusif, Membina hubungan baik dengan komunitas
setempat untuk menunjang dalam pencapaian
kesuksesan Bank dalam jangka panjang, Menjaga reputasi Bank, Memberikan
pedoman etika bagi karyawan Bank dalam melaksanakan tugas dan wewenang serta
bertanggung jawab, dan Meningkatkan budaya sadar resiko dan budaya
kepatuhan bagi semua insan Bank.
Landasan yang
dimiliki oleh Bank BRI dalam mengacu kepada Kode Etik adalah mempertimbangankan
Visi, Misi, dan Core Values Bank, karena hal-hal tersebut merupakan intisari
dari kode etik ini. Dan Kode Etik tersebut sangat penting perannya dalam
kegiatan berbisnis.
Referensi :
ü
Keraf. A Sonny. 1998. Etika Bisnis. Yogyakarta.
Kanisius.
ü
Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis.
Yogyakarta. Kanisius.
ü
Umar, Husein. 2003. Business An Introduction. Jakarta. PT
Gramedia Pustaka Utama.
ü
Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2001. Pedoman Etika Bisnis
Perusahaan . Jakarta. PT Elex Media
Komputindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar