New Status
Assalamualaikum Selamat Datang di Blog ^RISHA OCTARINA^. Follow My Blog ^rishaocta.blogspot.com^. Follow My Twitter ^@ichaichaiii^. Follow My YM ^risha_octarina@yahoo.co.id^ Terimakasih Wassalamualaikum

Jumat, 16 Desember 2011

KANKER

PENYAKIT KANKER



Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja. Tidak memilih-milih orang. Orang kaya ataupun tidak kayapun bisa terkena. Biasanya orang yang sudah terkena penyakit kanker kondisinya sangat lemah. Apalagi yang baru difonis dokter kalau dirinya terkena penyakit kanker, dirinya pasti shock karena dia tidak percaya bahwa dirinya terkena penyakit mematikan tersebut.

Biasanya orang yang terkena penyakit mematikan seperti kanker itu memiliki pikiran bahwa dirinya tidak memiliki umur lama lagi. Dirinya beranggapan bahwa dia tidak akan bisa disembuhkan lagi. Tapi Wallahualam, banyak juga orang-orang yang terkena penyakit kanker bisa disembuhkan. Itu karna Allah SWT. telah menghendaki dia untuk sembuh. Hanya Allah yang bisa menyembuhkan semua penyakit, melalui perantara yaitu dokter untuk membantu mengatasi masalah itu.
Sebelum beranjak jauh, kita harus tau terlebih dahulu apa itu KANKER??

Definisi Kanker

Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali. Kanker berasal dari bahasa latin yaitu ‘crab’, yang menggambarkan pergerakan sel kanker yang menyebar ke seluruh tubuh manusia. Tidak ada seorangpun yang siap menghadapi kanker. Karena kanker tegolong penyakit yang sangat berbahaya dan salah satu penyebab kematian tertinggi. Hanya kepasrahan kepada Allah SWT. yang ada pada diri seseorang yang terkena penyakit kanker, terutama kanker ganas.


Macam - Macam Kanker
-       
      Kanker Payudara

Sel kanker payudara yang pertama dapat tumbuh menjadi tumor sebesar 1 cm pada waktu 8-12 tahun. Sel kanker tersebut diam pada kelenjar payudara. Sel-sel kanker payudara ini dapat menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Kapan penyebaran itu berlangsung, kita tidak tahu. Sel kanker payudara dapat bersembunyi di dalam tubuh kita selama bertahun-tahun tanpa kita ketahui, dan tiba-tiba aktif menjadi tumor ganas atau kanker.


Penyebab
Untuk kanker payudara sendiri belum dipastikan penyebab pastinya timbul sel kanker di daerah payu dara. Namun ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab timbulnya kanker tersebut, antara lain :
- Tubuh gagal membangun sistem petahanan (anti bodi)
- Kekurangan gizi atau gizi yang buruk
- Payudara sering diremas-remas
- Radiasi
- Genetik atau keturunan
- Merokok dan minum alkohol
- Radikal bebas
- Sel kanker lain yang menular,dll

Gejala
Untuk gejala penyakit kanker payudara pada umumnya akan terasa nyeri karena kanker tersebut namun tidak semua rasa nyeri timbul karena penyakit ini bisa saja karena penyakit lainnya. Namun jik anda mengalami hal diatas bersamaan dengan puting payudara masuk kedalam (retraksi) maka bisa saja anda mengalami penyakit ini. Selain itu gejala lainnya juga ada meliputi :
- bentuk payudara berubah ukuran maupun bentuk
- kulit payudara berubah warna tidak seperti biasanya
- salah satu puting susu lepas
- terasa terbakar pada bagian kulit payudara
- payudara tidak simetris antara keduanya
- kulit terdapat lipatan
- terdapat benjolan
- payudara gatal dan bengkak
- payudara mengeluarkan cairan maupun darah

-            
       Kanker Otak

KANKER otak adalah penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Selain mematikan, pengobatannya pun menelan biaya yang sangat besar. Untuk menghindari penyakit tersebut, berikut ini sejumlah langkah-langkah untuk mencegah penyakit ini:
  1. Kalau Anda mengalami gejala-gejala, seperti sering sakit kepala yang hilang timbul, atau tidak hilang-hilan.g, muntah-muntah tanpa sebab, penurunan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, kelemahan anggota gerak secara bertahap, berjalan limbung, gejala layaknya vertigo atau sempoyongan, maka segera lakukan pemeriksaan diri dan dianjurkan melakukan pemeriksaan MRI.
  2. Jangan biarkan stres berat menyerang terus-menerus, sempatkan waktu beristirahat, dan lakukan refreshing yang dapat mengurangi dan menghilangkan stres Anda.
  3. Batasi radiasi langsung yang terlalu berlebihan pada tubuh, lebih baik gunakan hansfree bila menggunakan telepon seluler dalam waktu lama.
  4. Terapkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang, misalnya memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. Ditambah membatasi diri mengonsumsi lemak.
  5. Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengat nitrit, maupun zat-zat kimiawi buatan lainnya.
  6. Sudah saatnya Anda menghentikan konsumsi alkohol dan rokok.
  7. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Apalagi kalau Anda mempunyai riwayat keluarga penderita kanker otak.
  8. Jangan mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum mendapat resep rujukan dokter. Kesalahan penggunaan obat dapat merangsang perkembangan sel kanker.
  9. Lakukan olahraga secara teratur dan pada porsi yang cukup.
  10. Mulai sekarang biasakan mengaplikasikan gaya hidup sehat. Jangan terbawa arus gaya hidup “menghanyutkan”.


-             Kanker Rahim
Kanker leher rahim (cervical cancer) paling sering diakibatkan oleh infeksi virus, khususnya human papillomavirus (HPV). Gejala umumnya dapat berupa rasa sakit di daerah perut bawah, punggung, ataupun kaki. Namun sayangnya, gejala umum ini baru muncul pada tingkat tinggi, dimana pada tingkatan ini kanker tidak selalu memberikan respon terhadap perawatan medis ataupun bedah.





Gejala
  • Perasaan ingin buang air kecil terus menerus
  • Gangguan pencernaan yang menetap (gas atau mual)
  • Perubahan kebiasaan BAB tanpa alasan jelas, seperti sembelit
  • Kehilangan nafsu makan atau cepat merasa kenyang
  • Rasa sakit selama hubungan intim (dispareunia)
  • Lemas & letih lesu yang berkelanjutan
  • Sakit pada daerah sekitar pinggang/panggul
  • Perubahan dalam siklus menstruasi 
  • Tekanan abdomen (merasa penuh, bengkak atau kembung) 
· 
         
                   Kanker Darah
Leukemia (kanker darah) adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang atau bone marrow ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga type sel darah diantaranya sel darah putih (berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi), sel darah merah (berfungsi membawa oxygen kedalam tubuh) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah). Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak dimasa kecilnya, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.


-       
     Kanker Kulit
Kanker kulit adalah penyakit dimana kulit kehilangan kemampuannya untuk regenerasi dan tumbuh secara normal. Sel-sel kulit yang sehat secara normal dapat membelah diri secara teratur untuk menggantikan sel-sel kulit mati dan menumbuhkan kulit baru. Sel-sel abnormal dapat tumbuh di luar kontrol dan membentuk tumor. Tumor dianggap jinak bila terbatas pada beberapa lapisan kulit saja dan tidak menginvasi jaringan atau organ di sekitar. Tetapi bila tumor menyebar atau memiliki kemampuan untuk menyebar ke jaringan atau organ sekitarnya, tumor tersebut disebut ganas atau kanker.

Tanda dan Gejala
Bagian tubuh yang terserang kanker sel basal biasanya wajah, leher dan kulit kepala. Adapun tanda-tanda penyakit kanker berjenis ini adalah benjolan yang agak berkilat, kemerahan dengan pinggir meninggi yang berwarna agak kehitaman, kelainan seperti jaringan parut dan lecet/luka yang tidak sembuh-sembuh.



-       
     Kanker Paru-Paru
Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan, baik bagi pria maupun wanita. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara, penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya. Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri. Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak. Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh merokok (87%), sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.



-           Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak nomor tiga di dunia. Bahkan di Indonesia saja, setiap satu jam seorang wanita meninggal karena kanker ini. Kanker servik disebut juga "silent killer" karena perkembangan kanker ini sangat sulit dideteksi. Perjalanan dari infeksi virus menjadi kanker membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 10-20 tahun. Proses ini seringkali tidak disadari hingga kemudian sampai pada tahap pra-kanker tanpa gejala. Oleh karena itu pengertian kanker serviks mutlak dipahami oleh kaum wanita di Indonesia.
Penyebab kanker serviks :
§  Wanita berusia di atas 40 tahun lebih rentan terkena kanker serviks.
§  Faktor genetik tidak terlalu berperan dalam terjadinya kanker serviks.
§  Hubungan seksual di usia yang terlalu muda, berganti-ganti partner seks, atau berhubungan seks dengan pria yang sering berganti pasangan.
§  Memiliki terlalu banyak anak (lebih dari 5 anak).
§  Keputihan yang berlangsung terus-menerus dan tidak diobati.
§  Membasuh atau membersihkan genital dengan air yang tidak bersih, misalnya air sungai atau air di toilet umum yang tidak terawat. Air yang kotor banyak mengandung kuman dan bakteri.
§  Pemakaian pembalut wanita yang mengandung bahan dioksin (bahan pemutih yang dipakai untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas).
§  Daya tahan tubuh yang lemah, kurangnya konsumsi vitamin C, vitamin E dan asam folat. Kebiasaan merokok juga menambah risiko kanker serviks.



-       
     Kanker Hati
Orang yang diagnosis menderuta kanker hati berusia di atas 60 tahun. Dari sebuah survey di Kanada, setiap tahun sekitar 1800 orang didiagnosis menderita kanker hati dan separuh lebih adalah lelaki.
Penyebab kanker hati :
o   Hepatitis B kronis
o   Terinfeksi hepatitis C
o   Cirrhosis pada liver
o   Diabetes mellitus
o   Terinfeksi racun
o   Akibat merokok

Di bawah ini adalah gambar hati yang tidak dan sudah terkena kanker hati







-          Dll.



Penyebab Kanker
·       
             Keturunan
Apabila ada salah satu anggota yang mengidap penyakit kanker, kemungkinan besar keturunannya akan mengidap penyakit yang sama yaitu kanker. Tapi jika kita bisa mengatur pola hidup kita dengan baik, sel kanker tidak akan berkembang dan kita bisa menghindari kanker tersebut.

·          Bahan Kimia
Banyak sekali di jaman modern seperti ini para produsen yang memproduksi barang-barangnya menggunakan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya yang seharusnya tidak boleh di gunakan. Seperti pada kosmetik-kosmetik, obat-obatan berbahaya, makanan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya. Untuk itu, kita harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih suatu barang.

·           Radiasi
Orang yang sering sekali terkena paparan radiasi, dapat terkena penyakit kanker, mulai dari kanker kulit sampai leukemia (kanker darah).

·           Radiasi Ultraviolet
Sinar mataharipun bisa menjadi salah satu penyebab munculnya kanker kulit. Pigmen kulit melindungi kulit manusia dari sinar matahari.

·          Infeksi Virus Dan Bakteri
Pada tahun 1910, ditemukan virus yang menyebabkan kanker pada ayam. Virus pertama yang ditemukan menjadi penyebab kanker pada manusiadikenal dengan sebutan HTLV1. Selain itu virus HIV juga banyak didapat pada manusia yang menjalani seks bebas. Virus hepatitis B menyebabkan infeksi hati.

Kita sebagai manusia yang menjadi peran utama dalam menghadapi sebuah kehidupan harus lebih berhati – hati lagi dalam urusan kesehatan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nantinya. Berpasrah kepada Allah SWT. Lebih penting. Karena Allah lah yang mengatur segala sesuatunya. Tidak ada yang tidak mungkin di sembuhkan jika Allah berkehendak. Ada penyakit, ada juga obatnya. Salah satunya penyakit ganas ini, “KANKER”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar