New Status
Assalamualaikum Selamat Datang di Blog ^RISHA OCTARINA^. Follow My Blog ^rishaocta.blogspot.com^. Follow My Twitter ^@ichaichaiii^. Follow My YM ^risha_octarina@yahoo.co.id^ Terimakasih Wassalamualaikum

Sabtu, 01 Oktober 2011

KONSEPSI IBD DAN KEMANUSIAAN

Konsepsi IBD dan Kemanusiaan

          Ilmu Budaya Dasar berasal dari kata Basic Humanities yang berasal dari bahasa inggris The Humanities yang artinya manusia,berbudaya. Dengan mepelajari The Humanities bisa menjadikan orang lebih manusia, lebih berbudaya. Jadi, intinya The Humanities mempelajari semua masalah tentang manusia dan budaya.

           Ilmu Budaya Dasar dapat dihubungkan dengan prosa. Pada prosa itu sendiri terdapat prosa lama dan prosa baru. Contoh dari prosa lama, yaitu : dongeng, hikayat, sejarah, dan epos. Sedangkan contoh dari prosa baru, yaitu :
1. cerpen (cerita pendek)
2. roman/novel
3. biografi
4. kisah

Nilai-nilai yang terkandung dalam prosa fiksi yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :

1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
    Dalam kesenangan yang diperoleh dari pembaca fiksi adalah pembaca mendapatkan 
    pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu.

2. Prosa fiksi memberikan informasi
    Dalam informasi yang diperoleh dari membaca fiksi adalah belajar sesuatu yang lebih dari
    pada sejarah tentang kehidupan masa kini, masa lalu, bahkan kehidupan yang akan datang.

3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural

4. Prosa fiksi memberikan keseimbangan wawasan

Ada beberapa masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup ilmu budaya dasar. Seperti :

1.    Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian didalam pengetahuan budaya secara individu maupun gabungan.
2.    Hakekat manusia yang satu atau universal yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
           




Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi: :
·         Ilmu-ilmu Alamiah yang bertujuan mengetahui keteraturan yang terdapat dalam alam semesta dengan cara menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
·         Ilmu-ilmu social yang bertujuan untuk mempelajari keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
·         Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. 
sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar